
Setiap orang pasti ingin mengetahui berita terakhir tentang para selebritis dan ikon top dunia baik bidang hiburan, olahraga dan tokoh terkenal lainnya. Acara-acara seperti variety show banyak digandrungi oleh para pemirsa. Namun, dalam dunia offline obrolan dari ikon selebritis sulit dilacak arsipnya, kecuali media yang bersangkutan menyimpan percakapan dan gosip mereka. Karena itu, aktivitas blogging adalah sarana para ikon selebritis dan mereka yang ingin menjadi selebritis. Beberapa pakar menggunakan blog untuk mengeluarkan ide-ide kreatif, memberikan berbagai macam info, ajang mendekatkan diri pada komunitas dan lingkungan, menunggu respon dari para konsumen dan sebagainya.
Pengguna Blog
Tom Peters, seorang pakar manajemen kelas dunia mengeluarkan ide kreatif untuk direspon oleh konsumennya, tentang pemikiran-pemikiran aktual di bidang manajemen internasional. Randy Baseler, (http://www.boeing.com/randy) seorang CEO dalam industri penerbangan, membeberkan berbagai macam info, ide dan gagasan seputar industri penerbangan komersial. Melalui blog-nya, Randy mendekatkan banyak pihak, termasuk para reporter yang ingin meliput dan menambahkan info terkini seputar keterlibatannya dalam pengembangan dan tentang berita pembelian Pesawat Boeing 737 sebanyak 60 unit oleh Lion Air Indonesia. Presiden Sun Microsystems, Jonathan Scwartz (http://blogs.sun.com/jonathan), mengungkapkan bahwa ia dapat mencari informasi yang relevan lewat website pencari blog dibandingkan yang dapat ia lakukan lewat situs pencari secara umum khususnya pada waktu ia mencari issue-issue terkini tentang dunia open source. Pendekatan seorang CEO ke pelanggan adalah trik yang pernah ditekankan oleh Jay Conrad Levinson, melalui buku best seller nya yaitu Guerilla Marketing dan bagaimana ActiveWords.com lewat blog dari CEO-nya Buzz Bruggeman di http://buzzmundo.typepad.com/buzzmundo telah mendongkrak penjualan software mereka. Di atas hanyalah sekelumit contoh dari para CEO yang melakukan cuap-cuap melalui blogging. Bahkan, menurut Jack Trout, Bapak Positioning dan Strategi yang menyiratkan bahwa blog sangat cocok sekali untuk diimplementasi para CEO yang mirip dilakukan para praktisi PR independen maupun PR korporat.
Efek Media Blog
Blogmerupakan sarana yang efektif untuk mengkomunikasikan gagasan yang hidup dan aktual. "Blog dapat dikatakan sebagai gudang topik, tema, ide, percakapan dan gagasan yang tumbuh bagaikan bola salju waktu demi waktu, hari demi hari dan bulan demi bulan dan tahun demi tahun dari setiap link yang dibangun," demikian ilustrasi Doc Searl, mantan eksekutif dari San Jose Newspaper melalui blognya (http://dangillmor.typepad.com).
Bagaimana Dengan Anda?
"Blog will shake up the business," kata Businessweek (http://www.businessweek.com/magazine/content/05_18/b3931001_mz001.htm). Dengan blog semua jalan pikiran, ide-ide kreatif, segala aktivitas dan intervensi Anda dalam industri yang Anda geluti dapat langsung ditampilkan ke blog Anda lewat e-mail atau SMS, di mana saja dan kapan saja, yang penting Anda terkoneksi ke internet. Dengan blog, CEO atau siapapun yang tidak terkenal akan menjadi terkenal, lewat blog juga, CEO atau selebritis yang terkenal akan menjadi semakin santer. Bak perusahaan yang tidak terkenal akan menjadi terkenal kalau perusahaannya terkenal. Para ikon selebritis di sektor manapun di Indonesia yang belum mempunyai blog, simak nasehat dari Vice Chairman, General Motor, Bob A. Lutz, "To blog or not to blog? For a lot of senior executives these days, that is the question. The answer, simply enough, is to blog."
Source: SDA Asia, volume 20, tahun 2007.
2 comments:
Blog emang bener2 meledak. Sampe2 semua orang bikin blog. Dari yg isinya berguna, lumayan berguna, plagiat2 gitu, sampe blog yang ga ada maksudnya alias GoBlog hehe tapi semua blog tetep harus dihargai, karna paling enggak, mereka sebagai pembuat blog telah berusaha mengeluarkan segala uneg2 mereka dengan bahasa mereka yang paling jujurrr.. Hidup Bloggg!!
Michael, bagaimana rasanya bisa ngeblog? Apakah senang atau malah menyulitkan? Selain karena UTS, kira-kira apa alasan lainnya kenapa milih blog? Eehh.. ini hanya untuk sekedar mau tau aja bukan pertanyaan UTS dan juga untuk memotivasi menulis lagi.
Saya senang dengan semangat yang terlihat dari Michael dan beberapa teman lain terutama Tom Tom yang sudah mengirim alamat blognya 2 minggu sebelum dateline.
Blogmu sudah bagus dan lebih bagus lagi kalau dalam tulisan bisa langsung di-link-kan ke situs yang dirujuk (bisa langsung di-klik). Sebenarnya dalam tulisan ini sudah di-link tapi kenapa tidak bisa di-klik dari link tersebut?
Selamat ngeblog dan merujuk pada artikel ini keluarkanlah semua jalan pikiran dan ide-ide kreatif dalam blogmu ini. SELAMAT!!!
Post a Comment